Memahami Kesuksesan Teknologi Pertanian Jepang

Memahami Kesuksesan Teknologi Pertanian Jepang. Pertanian merupakan salah satu sektor utama dalam sebuah negara. Salah satunya adalah negara Jepang yang dianggap sebagai negara agraris yang banyak menghasilkan berbagai macam produk pertanian berkualitas dengan nilai kuantitas yang cukup banyak. Padahal sebagaimana kita ketahui bahwa kondisi tanah yang dimiliki oleh negara Jepang tidak sebagus kondisi tanah yang dimiliki oleh negara Indonesia.

Nah, tentunya hal tersebut sangat menarik perhatian para petani di Indonesia mengapa produk pertanian yang dihasilkan oleh masyarakat Jepang memiliki kualitas yang sangat bagus. Jika Anda penasaran dengan pertanian Jepang ini, tepat banget untuk menyimak ulasan kali ini sampai akhir ya.

Baca Juga: Inilah Faktor-Faktor yang Menyebabkan Teknologi Pertanian Jepang sangat Maju

Apa Kunci Kesuksesan Industri Pertanian Jepang?

Pertanyaan di atas mungkin akan terlintas dalam benak kita jika telah memahami seperti apa keadaan pertanian yang ada di Jepang. Apabila Anda ingin tahu kunci suksesnya pertanian Jepang ini, kunci utamanya adalah teknologi pertanian Jepang yang terus dikembangkan oleh masyarakat Jepang. Perkembangan teknologi dalam industri pertanian ini pun didukung dengan upaya pemerintah, para peneliti, bahkan berbagai pihak swasta. Dengan adanya sinergi tersebut, maka tidak heran jika industri pertanian Jepang ini memiliki kesuksesan yang sangat signifikan.

Apabila Anda ingin mengetahui lebih jelas, disini kami akan memberikan salah satu contoh teknologi pertanian Jepang yang bisa dijadikan referensi untuk Anda mulai dari proses penanaman sampai proses memanen.

  • Proses Pembibitan

Proses pertama yang harus dilewati oleh setiap petani tentunya yaitu proses pembibitan. Nah dalam proses pembibitan ini masyarakat Jepang telah menggunakan sebuah teknologi pertanian Jepang yang disebut dengan rekayasa genetika. Teknologi rekayasa genetika ini terbukti ampuh dalam menghasilkan bibit yang sangat berkualitas. Pada umumnya, teknologi yang satu ini pun telah dilakukan di berbagai negara lain.

  • Proses Menanam

Proses selanjutnya adalah penanaman. Jika negara Indonesia memiliki Jarwo Transplanter yang digunakan untuk menanam, Jepang tentunya memiliki mesin yang sama yang jauh lebih canggih. Salah satunya yaitu Rice Transplanter yang digunakan untuk menanam padi secara otomatis menggunakan mesin. Sehingga para petani Jepang tidak membutuhkan waktu lama untuk menanam seluruh padi dengan lahan yang terbilang cukup luas. Oleh karena itu, para petani Jepang ini dituntut untuk bisa mengoperasikan mesin tersebut sebelum menggunakannya.

  • Proses Pemeliharaan

Canggihnya teknologi pertanian Jepang menyebabkan proses pemeliharaan yang dirasa cukup berat ini menjadi sangat mudah. Hal ini dikarenakan dalam melakukan proses pemeliharaan ini, para petanu hanya menggunakan mesin yang bisa dilakukan oleh satu orang saja. Biasanya mesin yang digunakan untuk melakukan proses pemeliharaan ini disebut dengan traktor.

  • Proses Panen

Jika Indonesia memiliki alat panen canggih yang bisa dioperasikan oleh 3 orang yang dinamakan dengan Indo Combine Harvester. Proses panen di Jepang ini memiliki alat panen yang lebih canggih lagi, dimana mesin tersebut bisa dioperasikan hanya dengan satu orang saja. Untuk proses kerja dari mesin tersebut cukup sederhana sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan para petani.

Itulah contoh proses penanaman sampai dengan proses panen yang dilakukan oleh para petani dengan menggunakan teknologi pertanian Jepang yang sudah sangat canggih. Namun ada hal yang perlu ditiru oleh negara-negara lain termasuk negara Indonesia yaitu etos kerja para pekerja Jepang yang sangat tinggi. Hal inilah yang membuat Jepang menjadi negara yang maju dalam berbagai aspek.